Empowering Disaster Management through GIS Technology: A Journey of Department of Earth Technology Summer Course 2023

 

Yogyakarta – Selaras dengan visi Universitas Gadjah Mada sebagai universitas kelas dunia, Sekolah Vokasi UGM terus berusaha untuk memberikan inovasi-inovasi bagi seluruh civitas akademiknya. Tahun 2023 ini, Sekolah Vokasi UGM memberikan kesempatan bagi setiap departemen yang terhimpun di dalamnya untuk melaksankan kegiatan Summer Course. Departemen Teknologi Kebumian (DTK), sebagai departemen yang bergerak dalam bidang ilmu kebumian telah menyelenggarakan kegiatan Summer Course pertamanya dengan topik GIS Technology for Disaster Management secara luring pada tanggal 15-29 Agustus 2023 di gedung TILC (Teaching & Industry Learning Center) Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

Summer Course ini adalah sebuah langkah inovatif dari DTK SV UGM untuk memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para peserta melalui pembelajaran dan pelatihan teknologi GIS dalam manajemen bencana. Kegiatan diawali pada tanggal 15 Agustus 2023 dengan dihadiri oleh 16 peserta dan narasumber yang berasal dari empat negara diantaranya Singapura, Kanada, Norwegia, dan Indonesia. Sesi pembukaan kegiatan Summer Course ini secara langsung dibuka dan diresmikan oleh Dr. Endang Soelistiyowati, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Kerja Sama dan Alumni Sekolah Vokasi UGM disertai dengan sambutan hangat yang diberikan oleh Hendy Fatchurohman, S.Si., M.Sc. selaku Koordinator Summer Course Departemen Teknologi Kebumian 2023.

Selama dua pekan, kegiatan Summer Course ini menyediakan materi-materi yang menarik bagi para pesertanya. Materi tersebut disampaikan oleh para ahli dan berbagai praktisi yang berkecimpung di dalam bidang GIS. Beberapa diantaranya adalah Dosen dari Departemen Teknologi Kebumian, yaitu Dr. Barandi Sapta Widartono., S.Si., M.Si., M.Sc., Hidayat Panuntun, S.T., M.Eng., D.Sc., M.Sc., Alfiatun Nur Khasanah, S.Si., M.Sc., Hendy Fatchurohman, S.Si., M.Sc., dan Hanif Ilmawan, S.T., M.Eng serta Dr. M. Ngainul Malawani, S.Si. dari Fakultas Geografi UGM. Selain itu, terdapat materi yang disampaikan oleh pihak eksternal UGM yakni Nadira Nuri Auliani, S.Si. dari Esri Indonesia, Irfani Nurul Hudan dan Iqbal Rizqi Kurnia dari Geo BIM Co.Ltd serta Beth Palmer dari University of Waterloo, Canada.

Kegiatan Summer Course ini tidak terhenti dalam pembelajaran teoritis semata, tetapi dilengkapi pula oleh pelatihan praktikal mengenai penggunaan teknologi GIS dalam kajian manajemen kebencanaan. Pembelajaran tersebut juga tidak hanya dilakukan di dalam kelas, melainkan dilaksanakan pula agenda kegiatan lapangan dan kunjungan industri untuk semakin memperdalam materi yang disampaikan. Kegiatan lapangan dilakukan dengan mengunjungi Bunker Kaliadem, Bronggang Sabo DAM, Candi Kedulan, Kalisuci Cavetubing, Pantai Sepanjang, Pantai Pandansimo, Inderaja Teknik Indonesia Co. Ltd serta Balai Penyelidikan Dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) untuk mengetahui karakteristik manajemen dan mitigasi bencana secara konkret.

Pembelajaran praktik yang disajikan dalam kegiatan Summer Course ini diberikan melalui kegiatan yang secara aktif melibatkan seluruh peserta. Kegiatan lapangan yang dilakukan juga disertai oleh beberapa kegiatan praktik berupa pelatihan untuk kajian survei terrestrial seperti TLS dan Point Cloud untuk 3D Building Documentation serta penggunaan teknologi Building Information Modeling (BIM). Dilakukan pula pelatihan untuk kajian survei geodesi untuk pemantauan deformasi permukaan melalui kegiatan pengukuran kinematik untuk pemodelan lahan serta pengukuran dengan GNSS statis untuk pemantauan deformasi lahan. Lebih lanjut dalam bidang GIS, para peserta dibekali dengan pelatihan penggunaan perangkat lunak GIS untuk memproses data penginderaan jauh dan vektor spasial khususnya untuk kajian perubahan garis pantai yang dilanjutkan dalam kegiatan analisis dan identifikasi Rip Current di Pantai Sepanjang menggunakan Unmanned Aerial Vehicle yang juga disediakan untuk pelatihan praktiknya. Penyelenggaraan Summer Course ini ditutup oleh presentasi akhir dari para peserta summer course dan penyerahan sertifikat kepada para peserta yang langsung diberikan oleh Dr. Endang Soelistyowati, S.Pd., M.Pd. yang sekaligus secara resmi menutup rangkaian kegiatan Summer Course DTK 2023. Seluruh rangkaian acara Summer Course DTK 2023 ini ditutup dengan acara perpisahan yang dilaksanakan di Pantai Trisik, Kulon Progo sebagai pertemuan terakhir seluruh peserta dan panitia dalam kegiatan ini.

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*